Mengapa Mendaki Gunung?

Loading...

Gambar Gunung

Sebagian besar orang banyak mempertanyakan tentang aktivitas pendakian yang dilakukan seseorang secara terus menerus. Padahal mendaki gunung adalah aktivitas kegiatan di alam bebas yang beresiko pada keselamatan jiwa kita.

Mendaki gunung tentunya juga tidak murah, kita memerlukan peralatan untuk berkemah, biaya akomodasi yang tidak murah jika kita berniat untuk mendaki sebuah gunung yang letaknya jauh di luar kota atau bahkan di luar pulau.

Tapi mengapa kegiatan alam bebas ini masih banyak peminatnya?  Di  tahun 2014 hingga tahun 2015 aktivitas pendakian semakin digemari oleh pemuda-pemudi. Media sosiallah yang memberi pengaruh besar sehingga kegiatan yang dulunya hanya dilakukan oleh organisasi Pecinta Alam ini sekarang banyak dilakukan oleh berbagai individu dan kalangan mana pun.

Loading...

Tapi yang menjadi alasan utama (selain maraknya media sosial yang mengupload dan menyebarkan foto-foto) adalah karena mendaki gunung merupakan suatu pengalaman yang mungkin tidak bisa dilupakan hingga kita tua nanti. Pengalaman mendaki bersama sahabat adalah sebuah cerita yang selalu indah untuk nanti kita ceritakan kembali pada sahabat kita yang sudah lama tidak bertemu. Atau kita akan bercerita dengan semangat pada anak kita kelak bahwa semasa muda dulu kita pernah berdiri di puncak gunung itu.

Mendaki gunung adalah media untuk melatih mental kita untuk menjalin kebersamaan bersama sahabat tanpa sifat egoisme. Mendaki gunung perlu sifat saling pengertian, saling berbagi, saling menghormati pada sesama manusia. Mendaki gunung juga dapat menjadi media untuk menambah teman baru yang kita temui saat berada di perjalanan dan ternyata tujuan kita sama-sama mendaki sebuah gunung yang kita tuju.

Siapa pun boleh saja mendaki gunung, tapi banyak hal yang perlu diperhatikan saat ingin mulai mencoba menggemari kegiatan ini. Galilah pengetahuan tentang pendakian. Untuk bertahan hidup di hutan diperlukan skill dan pengetahuan yang cukup karena apa yang kita lakukan di hutan sangat berbeda sekali dengan apa yang kita lakukan di kehidupan kita sehari-hari.

Jika ingin menggemari kegiatan ini mulailah untuk belajar membuang sampah pada tempatnya, sebab peraturan dan tata tertib pada setiap gunung adalah “Bawa Turun Kembali Sampah Anda, Karena Gunung Bukan Tempat Sampah”. Selamat mendaki bagi kawan kawan, salam lestari.

Loading...

Be the first to comment

Komentar Anda