6 Boyband K-Pop yang Sulit Eksis di Tengah Persaingan Keras Industri

Loading...

Keras dan kejamnya industri K-Pop bukanlah isapan jempol belaka. Mereka yang masih bisa kita lihat di layar kaca adalah beberapa yang sukses bertahan, sementara ratusan lainnya harus bubar atau bertarung di papan bawah tanpa sorotan. Industri K-Pop memang sangat kompetitif meski di sisi lain amat menggiurkan.

Enam boyband ini sudah merasakan betapa pedihnya bersaing di dunia K-Pop dan mereka pun kini seolah dilupakan.

1. ZE:A

ZEA

Mendengar nama ZE:A, bayangan orang pasti akan langsung tertuju pada Park Hyung-sik, Im Siwan, atau Kim Dong-jun. Tapi menariknya, para member kunci itu justru lebih dikenal sebagai seorang aktor, bukan sebagai member ZE:A. Grup ini sendiri sulit untuk bertahan meski punya banyak karya. Mereka kini hiatus karena para membernya punya karir sendiri-sendiri.

2. U-KISS

UKISS

Sepuluh tahun berada di panggung K-Pop, nama U-KISS tak pernah benar-benar besar. Bahkan dalam perjalanannya boyband bentukan NH Media ini sudah ditinggalkan banyak membernya. Berbagai hal membuat U-KISS susah bersinar di negeri sendiri, mulai dari bongkar pasang personel sampai terlalu fokus menggarap pasar Jepang.

3. Boyfriend

Boyfriend

Loading...

Digadang-gadang jadi penerus SHINee, boyband dari Starship Entertainment ini justru melempem meski sudah eksis sejak tahun 2011. Boyfriend sampai sekarang masih berkarya, namun namanya tak lagi kencang dibicarakan.

4. NU’EST

NUEST

NU’EST sebenarnya cukup potensial dan punya member yang berbakat. Pledis Entertainment menaruh harapan besar pada grup ini. Sayangnya seiring berjalannya waktu, NU’EST tak kunjung melesat. Mereka lebih kondang di Jepang daripada di Korea hingga para member diharuskan mengikuti program Produce 101 untuk meningkatkan popularitas mereka meski pada akhirnya hanya satu member yang terpilih.

5. MBLAQ

MBLAQ

Dibentuk oleh Rain tidak menjamin MBLAQ akan sesukses dirinya. Debut pada tahun 2009, MBLAQ rajin merilis banyak lagu dan album, namun mereka tak bisa menyaingi ketenaran BIGBANG, Super Junior, dan grup-grup seangkatannya. Keluarnya Lee Joon dan Thunder makin memperburuk keadaan grup ini.

6. Topp Dogg

TOPP DOGG

Topp Dogg telah berganti nama menjadi Xeno-T. Grup yang didirikan pada tahun 2013 oleh Stardom Entertainment ini mengalami banyak pergantian personel yang membuat mereka tak bisa sesolid grup lainnya. Beberapa member ada yang mengikuti program survival di TV sehingga Topp Dogg kian terlupakan. Kini di bawah nama baru, mereka berharap bisa kembali survive.

Loading...

Be the first to comment

Komentar Anda